Kamis, 12 November 2009

segmentasi manfaat

Manajemen Pemasaran. Definisi Segmentasi Pasar
Swastha & Handoko (1997) mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
Sedangkan definisi yang diberikan oleh Pride & Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
Di lain pihak Pride & Ferrel (1995) mendefinisikan segmentasi pasar sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Ada lagi pendapat Swastha & Handoko (1987) yang merumuskan segmentasi pasar adalah suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen–segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix.
Menurut Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254) pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama (Kotler, 2005, p.307.

Manfaat dan Kelemahan Segmentasi

Banyaknya perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan variabel tertentu. Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991).
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain:
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Sekalipun tindakan segmentasi memiliki sederetan keuntungan dan manfaat, namun juga mengandung sejumlah resiko yang sekaligus merupakan kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.

Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis

Ekonomi




a. sabun mandi

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

b.pasta gigi

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

c. shampoo anak-anak

Anak-anak

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

d. deterjen

Ibu rumah tangga

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

e.pengharum pakaian

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

f.sabun cuci piring

Ibu rumah tangga

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

g.pengharum ruangan

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

h.sabun pencuci tangan

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

i.pemutih pakaian

Ibu rumah tangga

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom

j. sabun bayi

Anak-anak

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis

Medis




a.obat sakit kepala

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

b.obat flu

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

c.obat demam

Dewasa&anak-anak

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

d.obat batuk anak

Anak-anak

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

e.obat maag

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

f.obat panas

Anak-anak

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

g.obat masuk angin

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

h.obat diare

Anak-anak&dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

i.obat sakit gigi

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan

j. obat tidur

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang sakit insomnia



Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis

Kosmetik




a. bedak

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

b. pembersih wajah

Wanita&pria

Pengguna berat

Kecantikan

c. pemutih gigi

Pria

-

Perokok, dll

d. handbody lotion

Wanita&pria

Pengguna berat

Melindungi tubuh

e. pelembab

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

f. lipstick

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

g. deodorant

Wanita&pria

Pengguna berat

Kecantikan

h. krim pemutih

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

i. pewarna rambut

Wanita&pria

Pengguna berat

Kecantikan

j. pewarna kuku

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan



Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis

Jenis kelamin




a. minyak wangi

Wanita&pria

Pengguna berat

Membuat tubuh harum

b. gel rambut

Pria

Pengguna berat

Merapihkan rambut

c. alat cukur

Pria

Pengguna berat

Kebersihan

d. krim pemutih

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

e. bedak

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

f. lipstik

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

g. pembersih wajah

Wanita&pria

Pengguna berat

Kebersihan

h. pewarna kuku

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan

i. pewarna rambut

Wanita&pria

Pengguna berat

Modifikasi rambut

j. semir sepatu

pria&wanita

Pengguna berat

Kebersihan


Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis

Umur




a. pasta gigi aneka rasa

Anak-anak

Pengguna berat

Menjaga kesehatan gigi

b. gula diet

Dewasa

Pengguna berat

Menjaga tubuh tetap langsing

c. teh hijau

Dewasa

Pengguna berat

Menjaga tubuh tetap langsing

d. jamu

Dewasa

-

Menjaga kesehatan tubuh

e. kopi

Dewasa

Pengguna berat

-

f. susu diet

Dewasa

Pengguna berat

Menjaga tubuh tetap langsing

g. rokok

Dewasa

Pengguna berat

-

h. minuman bersoda

Dewasa

Pengguna berat

-

i. susu bubuk

Anak-anak

Pengguna berat

Untuk memenuhi kebutuhan

j. biskuit bayi

Anak-anak

Pengguna berat

Untuk memenuhi kebutuhan




http://bisnisukm.com/apa-itu-segmentasi-pasar.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar